14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Mengidap penyakit asam urat memang memiliki banyak pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Apalagi untuk jenis makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi. Maka dari itu sangat penting untuk anda mengetahui 14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat.

Asam urat atau lebih dikenal dengan istilah medis Gout Arthritis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya proses radang akibat penumpukan kristal asam urat pada persendian.

14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Timbulnya asam urat bisa ditandai dengan adanya pembengkakkan yang berwarna kemerahan yang umumnya terjadi pada kaki yang terkadang terasa panas dan sakit. Dan untuk pembengkakkan yang sudah reda biasanya akan kembali lagi dilain waktu, apabila kadar asam urat dalam tubuh kembali meningkat.

Lantas, Bagaimana Cara untuk Mencegah Kambuhnya Asam Urat ?

Untuk mencegah atau mengendalikan asam urat dalam tubuh, anda bisa mengunakan alternatif bahan herbal alami untuk membantu mengurangi kadar zat purin yang ada di dalam darah. Dimana obat herbal yang kami rekomendasikan disini yakni Gamat Emas Kapsul. Untuk Lebih jelasnya > OBAT ASAM URAT

Selain menggunakan obat herbal, anda juga diharuskan untuk menjaga pola makan anda dengan makanan yang sehat untuk penderita asam urat

Dan berikut ini ada beberapa contoh makanan penurun asam urat yang akan membantu mengatasi tingginya asam urat di dalam tubuh. Diantaranya :

1. Wortel

Wortel memiliki banyak khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Dan bahkan wortel juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mampu menyembuhkan asam urat yang anda alami. Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan cara di jus atau dijadikan sebagai sup.

2. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang mengandung nutrisi yang baik. Dimana Brokoli berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Dan bahkan mampu menurunkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

Hal ini karena Brokoli memiliki kandungan kromium, potassium yang tinggi, vitaminC dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi Brokoli yang baik yaitu dengan cara dikukus.

3. Kentang

kentang penurun asam urat

Pasalnya kentang bisa menjadi alternatif penggani nasi karena rendah karbohidrat dan lemak.

Dimana keistimewaan dari kentang ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak berubah walaupun sudah diolah dalam jenis masakan apapun.

Untuk penderita asam urat, kentang memiliki kandungan potassim dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meringankan pembengkakkan pada asam urat.

Mengkonsumsi kentang yang baik adalah dengan dikukus atau direbus, lebih jangan dikonsumsi dengan cara digoreng. Karena minyak akan meresap pada kentang dan terakumulasi di dalam tubuh menjadi lemak jahat.

4. Sawi Hijau

Sawi hijau bermanfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya seperti serat, vitamin C, vitamin E, beta karoten, kalium, fosfor, zat besi dan kalsium yang berperan untuk mencegah oksidasi LDL dalam tubuh. Maka dari itu sawi hijau baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Baca : 7 Ciri Ciri Asam Urat Yang Perlu Anda Ketahui

5. Sawi Putih

Kandungan nutrisi pada sawi putih juga tak kalah tinggi, sama halnya dengan sawi hijau yang mampu mencegah terjadi oksidasi LDL dalam tubuh. Kandungan nutrisi pada sawi hijau dan sawi putih dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Pada sayuran sawi juga mengandung fitonutrient yang dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan melancarkan sistem ekskresi.

6. Daun Seledri

Daun Seledri penurun asam urat

Biasanya daun seledri ditemukan pada berbagai olahan sayur. Dimana daun seledri ini memiliki manfaat besar bagi penderita asam urat.

Hal ini karena daun seledri memiliki kandungan utama seperti klorin, sulfur, inositol, essensial, asam lemak, folat, potassium, mangan, selenium dan seng serta vitamin B1 dan vitamin A yang tinggi.

Dimana semua kandungan nutrisi tersebut menjadikan daun seledri sangat bermanfaat untuk penderita asam urat, Tidak hanya ampuh untuk membantu menekan resiko asam urat saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit rematik.

7. Telur

Telur sering juga dijadikan menu diet rendah purin bagi penderita asam urat tinggi. Telur mengandung zat lesitin yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Lesitin di dalam telur juga mengandung lutein yang berfungsi sebagai antioksidan dan menetralisisr secara optimal asam urat dalam tubuh.

8. Tomat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tomat memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Namun ternyata selain itu, tomat juga bermanfaat sekali untuk meluruhkan asam urat.

Dimana rasa sakit akibat adam urat bisa diluruhkan secara perlahan dengan asupan minyak pada tomat. Mengkonsumsi tomat tidak hanya untuk membantu menyembuhkan asam uray saja, melainkan bisa juga mencegah asam urat dan terjadi peradangan pada sendi.

Baca : 5 Penyebab Asam Urat yang Perlu anda Waspadai

9. Buah Apel

Dibalik rasanya yang manis dan enak, buah apel juga ternyata dipercaya mampu meredakan rasa sakit pada asam urat. Dimana buah apel mengandung asam malat yang membantu menetraslkan asam urat dalam tubuh dan mengurangi resiko peradangan yang lebih kronis akibat asam urat yang semakin meningkat.

10. Buah Ceri

Buah ceri merupakan jenis buah yang mengandung kalium tinggi sehingga dijuluki sebagai sumber kalium nabati. Dimana buah ceri ini dipercaya sebagai penanganan pirai yang menyebabkan rasa nyeri pada asam urat.

11. Pisang

Jika anda sering dan rutin mengkonsumsi pisang, asam urat anda akan terjaga pada level yang baik atau bahkan menurun. Kandungan vitamin C dan potassium yang ada pada pisang akan membantu merubah asam urat menjadi cairan yang bisa difilter oleh ginjal. Asam urat tidak akan menjadi kristal yang menempel pada sendi, namun dikeluarkan bersamaan dengan cairan urin.

12. Teh hijau

Dalam sebuah penelitian ternyata teh hijau yang dikonsumsi oleh penderita asam urat mampu merubah kadar asam urat dalam tubuh dan membersihkan kreatinin. Dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun teh baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

13. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak beserta produk olahannya baik untuk dikonsumsi, seperti susu dan yogurt, yang rasanya lezat dan ternyata mampu menurunkan kadar asam urat.

14. Makanan Berserat Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi bermanfaat untuk menurunkan asam urat hingga menjadi normal kembali.

Dimana kandungan serat berfungsi untuk membantu proses penyerapan asam urat ke aliran darah dan membuang asam urat yang berlebih melalui urin.

Mulai menjaga pola makan yang lebih sehat bisa membantu mengurangi resiko asam urat ke stadium yang lebih serius.


Selain memperbarui pilihan makanan, penting untuk pengidap penyakit asam urat untuk menjaga berat badan tubuhnya dengan melakukan olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menjadi faktor resiko utama penyakit asam urat.

Pastikan asupan cairan yang cukup untuk membantu mengurangi pembentukan kristal pada sendi. Usahakan untuk minum air putih minimal 2 liter per hari. Namun, mungkin anda memerlukan sebanyak 3 hingga 3,5 liter per harinya. Dimana hal ini tergantung berat badan anda dan juga seberapa sering anda berolahraga.

Menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga pola makanan sehari-hari. Kebanyakan dari penyakit bersumber dari konsumsi makanan yang salah. Asam urat juga merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan dari pola makan yang tidak sehat.

Asam urat bisa menjadi lebih buruk jika tidak ditangani dengan benar. Demikian 14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat yang bisa kami sampaikan untuk anda.

Semoga Bermanfaat

14 Pilihan Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*