Apakah Boleh Penderita Asam Urat Tinggi Minum Kopi ?

Apakah Boleh Penderita Asam Urat Tinggi Minum Kopi ?

Mengetahui apakah boleh penderita asam urat tinggi minum kopi ? tentunya menjadi suatu hal yang ingin diketahui bagi mereka pecinta kopi yang memiliki penyakit asam urat.

Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang beranggapan mengenai dampak buruk akibat dari mengkonsumsi kopi terhadap mereka yang memiliki penyakit asam urat.

Sebenarnya anggapan tersebut tidaklah benar sepenuhnya, karena kopi juga memiliki manfaat yang baik untuk penderita asam urat Apabila dikonsumsi dalam jumlah atau takaran yang wajar atau tidak berlebihan.

Apakah Boleh Penderita Asam Urat Tinggi Minum Kopi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari di indonesia. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, kopi juga kaya akan nutrisi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Namun, apabila anda mengkonsumsi kopi dengan takaran yang berlebihan bisa mempengaruhi kadar purin di dalam tubuh sehingga bisa membuat kondisi penyakit asam urat menjadi semakin parah.

Pengaruh Kopi Terhadap Penderita Asam Urat

Penderita asam urat yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan, bukan akan memberikan manfaat, justru malah memberikan pengaruh yang buruk untuk kesehatan tubuh. Dan berikut beberapa pengaruhnya :

  • Mengalami gangguan pada fungsi ginjal
  • Penumpukan lemak
  • Rusaknya sendi dan tulang rawan
  • Mulai timbul peradangan pada sendi
  • Terjadi penyempitan pada pembuluh darah

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa mengganggu fuungsi ginjal sehingga bisa memicu terjadinya pengendapan asam urat. Bahkan kadar kafein dan lemak tinggi dalam kopi bisa mengganggu proses pengeluaran asam urat di dalam tubuh. Hal itulah yang pada akhirnya bisa membuat kadar asam urat menjadi semakin menumpuk pada area persendian.

Baca Juga :

OBAT ASAM URAT HERBAL ALAMI

Kandungan kafein dalam kopi juga bisa membuat purin berubah menjadi kristal tajam pada persendian sehingga bisa memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dimana kondisi ini tentunya sangat berbahaya sekali untuk kondisi kesehatan penderita asam urat, khususnya dalam hal tekanan darah.

Manfaat Kopi Untuk Asam Urat

Mengkonsumsi kopi dalam batas wajar bisa menimbulkan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh penderita penyakit asam urat, seperti :

  • Menurunkan kadar asam urat
  • Menghambat xantin ozidase
  • Mencegah terjadinya penumpukan purin pada area sendi

Manfaat kopi untuk penderita asam urat ini sudah diteliti oleh Hyon K Choi di University of British Columbia, Vancouver, Kanada. Menurut penelitian tersebut, kandungan zat chlorogenic dalam secangkir kopi mampu menghambat peningkatan enzim xantin oxidase. Dengan meningkatnya enzim ini, kandungan purin dalam darah pun dapat ditekan seminimal mungkin.

Tips Mengkonsumsi Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Pertanyaan anda mengenai apakah boleh penderita asam urat mengkonsumsi kopi sudah terjawab. Dan untuk mendapatkan manfaat dari kopi untuk tubuh dan menghindari pengaruh buruknya. Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut :

  • Konsumsi kopi dengan jumlah gula sedikit atau lebih baik tanpa campuran gula.
  • Jangan mengkonsumsi lebih dari 3 sampai 4 gelas per hari
  • Anda bisa mengkonsumsi kopi jenis arabika karena kandungan purin yang ada di dalamnya lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis robusta.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda yang bertanya tanya mengenai pengaruh kopi terhadap penyakit asam urat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

›› Quality & Care ‹‹

Apakah Boleh Penderita Asam Urat Tinggi Minum Kopi ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*